Selasa, 18 Maret 2014

BELAJAR SAMBIL TIDURAN


LEMBAR SOAL

                    Mata Pelajaran      : PPKn

                                   Kelas                     : VIII (delapan )
                                   Hari/Tanggal         : Senin, 09-10-2006
                                   Waktu                   :  60 Menit
___________________________________________________________________________
PETUNJUK UMUM :
  1. Tulis nomor anda pada lembar jawaban.
  2. Periksa dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
  3. Dahulukan menjawab soal – soal yang anda anggap mudah.
  4. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar.

1.     Arti penting ideologi bagi suatu bangsa dan negara adalah ….
        a. membimbing bangsa dalam memecahkan masalah yang dihadapai
        b. memberi petunjuk bagi suatu bangsa menuju cita – citanya
        c. sebagi petunjuk bagi bangsa dalamkerjasama dengan negara lain
        d. memberikan dorongan bagi suatu bangsa mencapai adil dan makmur

2.     Makna demokrasi pancasila adalah ….
        a. demokrasi yang dijiwai oleh nilai – nilai pancasila
        b. demokrasi yang  dijiwai oleh rasa keadilan
        c. budaya bangsa yang dijiwai oleh nilai persatuan
        d. darsar negara yang dijiwai oleh nilai keadilan sosial

3.     Pancasila disahkan menjadi dasar negara Indonesia oleh
        a. BPUPKI, 29 April 1945                                  c. KNPI, 17 Agustus 1945
        b. Panitia Perumus,22 Juni 1945                         d. PPKI, 18  Agustus 1945

4.     Fungsi Pancasila sebagai dasar Negara adalah….
        a. petunjuk dalam mencapai cita – cita               
        b. sebagi sumber dari segala sumber
        c. kesepakatan wakil rakyat sesudah kemerdekaan
        d. menjadi corak yang khas bagi bangsa Indonesia

5.     Alasan utama perubahan sila pertama dalam Piagam Jakarta menjadi Ketuhanan Yang
        Maha Esa adalah ….
        a. toleransi umat beragama                                  c. menjaga kesatuan dan persatuan bangsa
        b. berdasarkan musyawarah mufakat                  d. menghindari perbedaan pendapat.

6.     Negara kita menjadikan Pancasila sebagi ideologi nasional karena ….
        a. Pancasila merupakan peninggalan nenek moyang
        b. sesuai dengan cita – cita, jiwa dan kepribadian bangsa
        c. Pancasila peninggalan dr. Sukarno sang proklamator
        d. sesuai dengan amanat penderitaan rakyat waktu dijajah.

7.     Kesepakatan bangsa Indonesia tentang dasar negara yang sah dan benar terdapat pada ….
        a. piagam Jakarta                                                 c. pidato Ir. Sukarno,  1 Juni  1945
        b. pidato Mr. Moh. Yamin, 29 Mei 1945            d. perubahan UUD 1945 alinea IV

8.     Pengamalan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
        bernegara  harus dimulai sedini mungkin yakni dilingkungan ….
        a. sekolah                                                             c. masyarakat
        b. keluarga                                                           d. tempat bermain

9.     Peristiwa G.30 S / PKI  merupakan bukti nyata ingin mengganti Pancasila sebagi dasar
        negara dengan ideologi …. 
        a. sosial                                                                c. masyarakat
        b. komunis                                                           d. fosisme

10.   Salah satu upaya untuk melestarikan Pancasila agar tetap hidup dalam kehidupan
        bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah ….
        a. memperbanyak gambar Pancasila                    c. menutup diri dari bangsa lain
        b. sering mengikuti penataran Pancasila              d. mengamalkan nilai – nilai Pancasila

11.   Contoh perwujudan pengamalan nilai – nilai  Pancasila terutama sila kemanusiaan yang
        adil dan beradab dalam lingkungan keluarga adalah ….
a.       berpamitan kepada orang tua sebelum berangkat sekolah
b.      pembantu rumah tangga menerima upah sesuai dengan haknya.
c.       Saling mencintai antar sesame anggota keluarga
d.      Kakak bersedia mendengarkan setiap saran adik.

12.   Bagi bangsa Indonesia kemajemukan atau keanekaragman suku, bahasa,adapt istiadat
        serta bentuk kesenian daerah merupakan ….
        a. pemasukan devisa                                            c. kekayaan bangsa Indonesia
        b. ciri khas bangsa Indonesia                               d. kebudayaan bangsa Indonesia

13.   Semangat Bhineka Tunggal Ika, merupakan ….
        a. tuntutan nurani bangsa untuk bersatu              c. kesadaran pentingnya kebersamaan
        b. rumusan tujuan bangsa Indonesia                   d. bukti terdapatnya keragaman budaya

14.   Kita dapat menerima Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa,
        karena ….
        a.  dasar perjuangan pahlawan                             c. merupakan keputusan BPUPKI
        b. nilai – nilai bangsa Indonesia                          d. perjanjian luhur bangsa Indonesia

15.   Pemberontakan dan penghianatan merupakan bentuk ancaman Pancasila yang berasal
        dari ….
        a. dalam negeri                                                    c. negara komunis
        b. negara adidaya                                                            d. penguasa militer

16.   Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum sehingga mengandung konsekwensi.
        a. hanya peraturan pemerintah yang harus mengandung nilai Pancasila.
        b. semua peraturan yang ada sebelum UUD 1945 tidak berlaku lagi
        c. semua peraturan perundang – undangan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila            d. Pancasila mempunyai kedudukan yang sejajar dan seimbang dengan agama.

17.   Hakekat mengamankan Pancasila adalah juga mengamankan negara, karena               
        a. Pancasila adalah dasar negara                          c.Pancasila dirumuskan oleh para tokoh
                                                                                       ternama.
        b. Pancasila menjanjikan kemaknuran                 d. Pancasila disahkan setelah proklamasi
                                                                                        kemerdekaan.




18.   Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai
        makhluk Tuahan Yang Maha Esa merupakan perwujudan pengamalan Pancasila, sila ….        a. Ketuhanan Yang Maha Esa                   
        b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
        c. Persatuan Indonesia                
        d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

19.   Memberikan kepercayaan kepada wakil – wakil rakyat yang dipercaya untuk
        melaksanakan permusyawaratan merupakan pengamalan Pacasila, yaitu ….
        a. sila pertama                                          c. sila ke tiga
        b. sila ke dua                                            d. sila ke empat

20.   Rapat – rapat Osis di sekolah merupakan pertanda di sekolah sebagai ….
        a. kebutuhan untuk demokrasi                c. kebiasaan demokrasi di sekolah
        b. wahana latihan demokrasi                   d. tempat untuk mendidik politisi mendatang.

21.   Suka bekerja keras merupakan pengamalan Pancasila, yaitu ….
        a. sila ke dua                                            c. sila ke empat
        b. sila ke tiga                                            d. sila ke lima

22.   Krisis ekonomi sudah melanda bumi Indonesia yang salah satu penyebabnya adalah ….
        a. banyaknya pengangguran                    c. merosotnya perekonomian nasional
        b. merosotnya bantuan dari luar negeri   d. pemerintahan yang sentralistik

23.   Pengamanan terhadap Pancasila yang bersifat pencegahan dapat dilakukan dengan cara-
        cara berikut, kecuali ….
        a. membina ketahanan nasional               c. membina keadaan wawasan nusantara
        b. melaksanakan operasi militer               d. melaksanakan pendidikan moral Pancasila

24.   Bangsa Indonesia berpendirian bahwa Pancasila adalah pandangan hidup bangsa, karena       Pancasila….
        a. memberi petujuk dalam mencapai kebahagiaan
        b. pencerminan prilaku dan watak bangsa
        c. digali dari tata nilai budaya bangsa sendiri
        d. warisan nenek moyang yang tidak akan hilang.         
       
25.   Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dilambangkan dengan gambar ….
        a. rantai                                                    c. padi kapas
        b. pohon beringin                                     d. kepala banteng

26.   Sebagi makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendirian, oleh sebab itu perlu
        dikembangkan sikap ….
        a. mengutamakan kepentingan bersama              c. akrab dengan orang yang disenangi
        b. menyelaraskan kepentingan pribadi                d. meringankan penderitaan orang lain
            dan sosial

27.   Pancasila sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan dan kenegaraan merupakan
        fungsi Pancasila sebagai ….
        a. dasar negara                                         c. perjanjian luhur bangsa Indonesia
        b. pandangan hidup bangsa                     d. tujuan bangsa Indonesia

28.   Cinta tanah air dan bangsa, merupakan pengamalan Pancasila, terutama sila ….
        a. Ketuhanan Yang Maha Esa                
        b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
        c. Persatuan Indonesia                
        d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


       

29.   Menurut  ketentuan UUD 1945 pasal 1 ayat 2 kedaulatan ada ditangan rakyat dan
        dilaksanakan ….
        a. oleh MPR                                             c. menurut UUD
        b. secara demokratis                                d. berdasarkan kehendak rakyat

30.   Diantara ciri – ciri negara kesatuan adalah sebagai berikut, kecuali ….
        a. pemerintah pusat yang memegang seluruh kekuasaan pemerintah.
        b. UUD berlaku untuk seluruh wilayah Negara.
        c. Kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat
        d. badan Perwakilan yang mewakili daerah – daerah otonom.

31.   Ciri – ciri  negara serikat antar lain ….
        a. ada negara bagian
        b. Negara bagian memiliki mata uang sendiri
        c. kekuasaan untuk menentukan badan perwakilan sendiri
        d. Negara bagian mempunyai kewenangan melakukan kebijakan luar negeri

32.   Masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu, menteri – menteri negara
        tidak bertanggung jawab kepada DPR, merupakan ciri sitim pemerintahan ….
        a. presidential                                          c. kesatuan
        b. parlementer                                          d. republik

33.   Secara konstitutif unsur negara meliputi : pemerintah yang berdaulat, rakyat yang
        hidup teratur, dan ….
        a. tujuan nrgara                                        c. diakui oleh negara lain
        b. wilayah tertentu                                   d. sanggup berhubungan dengan negara lain

34.   Negara Indonesia adalah Negara huku, pernyataan tersebut merupakan bunyi dari UUD
        1945 ….
        a. pasal 1 ayat 1                                       c. pasal 1 ayat  3
        b. pasal 1 ayat 2                                       d. pasal 2 ayat 1

35.   Tanggal, 27 Desember 1949 Indonesia mendapatkan pengakuan kedaulatan dari
        Belanda, dalam  bentuk ….
        a. negara kesatuan                                   c. negara persatuan
        b. negara serikat                                       d. negara republic

36.   Berikut ini termasuk dari tujuan negara Indonesia yang termaktub dalam pembukaan
        UUD 1945 ….
        a. memejukan pendidikan nasional          c. mencerdaskan kehidupan bangsa
        b. meningkatkan kesejahteraan                d. menjaga perdamaian dunia

37.   17 Agustus 1950 Indonesia kembali ke Negara Kesatuan Republik sejak saat itu
        konstitusi yang dipakai adalah ….
        a. UUD Konstistusi                                 c. UUD
        b. UUD 1945                                           d. UUDS 1950

38.   Dengan kembalinya Indonesia ke negara kesatuan Republik 17 Agustus 1950, maka
        sistem pemerintahan adalah ….
        a. presidensil                                            c. kesatuan
        b. serikat                                                  d. parlementer

39.   Dalam Kabinet presidensil kedudukan presiden, sebagai ….
        a. kepala negara                                       c. kepala negara dan kepala pemerintahan
        b. kepala pemerintahan                            d. lambing Negara

40.   Kedudukan badan eksekutif tidak stabil, merupakan kelemahan dari pelaksanaan
        demokrasi dengan sistem ….
        a. parlementer                                          c. referendum
        b. pemerintahan kekuasaan                      d. presidentil
       
41.   Dibawah ini yang merupakan bentuk penyimpangan konstitusional pada masa orde
        lama, adalah ….
a.       memburuknya situasi politik Indonesia
b.      presiden mengeluarkan dekrit
c.       pemerintahan berjalan tidak stabil
d.      terjadinya praktek KKN

42.   Dibawah ini merupakan akibat penyimpangan konstitusional orde lama, kecuali ….
        a. terjadinya G 30 S /PKI                                   
        b. memburuknya situasi politik Indonesia
        c. demontrasi mahasiswa menuntut pembubaran PKI
        d. sistem pemerintahan berjalan sesuai dengan UUD 1945

43.   Pemilihan umum tahun 2004 tahap kedua dilaksankan untuk memeilih ….
        a. anggota cabinet atau menteri               c. anggota DPR
        b. Presiden dan Wakil Presiden               d. anggota DPR,DPRD, DPD dan MPR

44.   Menurut ketentuan UUD 1945, kekuasaan pemerintah  negara yang tertinggi dilaksanakan oleh ….
        a. MPR                                                    c. DPR dan DPD
        b. Presiden                                               d. Presiden dan MPR

45.   Di era reformasi ini Kepala daerah, yakni Gubernur, Bupati/Walikota dipilih oleh ….
        a. Presiden melaui Menteri Dalam  Negeri
        b. Komisi Pemilihan Umum
        c. rakyat melalui pemilihan umum
        d. DPRD

46.   Berikut ini adalah  Dekrit Presiden 5 juli 1959 yang dikeluarkan oleh Presiden Sukarno, kecuali ….
        a. kembali ke UUD 1945                         c. pembubaran badan konstituate
        b. pembentukan MPRS dan DPAS         d. pembubaran anggota DPR

47.   Ketentuan pasal 7 C UUD 1945 menyebutkan bahwa ….
        a. Presiden tidak dapat membekukan / atau membubarkan DPR
        b. Presiden bersama DPR membentuk Undang – undang
        c. Presiden berwenang untuk menggantikan fungsi DPR
        d. DPR dan Presiden harus bekerjasama dengan membentuk undang – undang

48.   DPR mempunyai fungsi legislasi yang artinya ….
        a. lembaga yang mempunyai fungsi menetapkan peraturan perundangan
        b. lembaga yang mempunyai fungsi sebagai pelaksana peraturan perundangan
        c. lembaga yang mempunyai fungsi mengawasi pelaksanaan UU
        d. lembaga yang mempunyai fungsi kontrol  terhadap pelaksanaan UU

49.   Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan, dan wajib memnjujunjung hukum dan pemerintahan tanpa kecuali, pernyataan tersebut merupakan bunyi UUD 1945  pasal ….
        a. 27 ayat 1                                              c. 28 ayat 1
        b. 27 ayat 2                                              d. 30 ayat 1

50.   Pada masa orde Baru, merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme mengakibatkan ….
        a. adanya supermasi hukum yang meningkat
        b. hak dan kewajiban warga negara terpenuhi 
        c. lahirnya gerakan reformasi oleh mahasiswa
        d. kurang adanya berpihak pada rakyat kecil.


***********************Selamat  Mengerjakan ***********************
By eroesk




Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                        Hari / Tanggal             :   Kamis, 5 April   2007
                        K e l a s                       :  VIII
                        W a k t u                     :  90  Menit       

PETUNJUK UMUM :
  1. Tulis nomor anda pada lembar jawaban.
  2. Periksa dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
  3. Dahulukan menjawab soal – soal yang anda anggap mudah.
  4. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar.

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 3

Perhatikan 1 teks berita berita berikut!
Jakarta Belum Bebas Teror
            Aman dari ledakan bom dua tahun terakhir, Jakarta diguncang teror bom. Meski daya ledaknya rendah  dan pelakuknya tak profesional, ledakan yang terjadi hanya sembilan hari menjelang kunjungan Amerika Serikat George Bush itu tidak diabaikan. (1)
Bom Bunuh diri  eledak di Restoran A & W
            Teroris kembali melakukan aksi bom bunuh diri. Kini giliran di restoran cepat saji A & W Keramat Jati Indah Plaza di Jalan Raya Bogor, Jaktim, Sabtu siang. Beruntung ledakan tidak begitu kuat sehingga hanya memecah beberapa lampu dan membuat retak dinding restoran. (2)


  1. Kesamaan isi teks berita tersebut adalah …..

    1. Isi beritanya tentang hancurnya restoran karena bom.
    2. Berita tentang ledakan bom di Jakarta.
    3. Teroris meledakan bom bunuh diri.
    4. Penyambutan kunjungan presiden Amerika Serikat.

  1. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah …..

    1. Berita kedua tidak memberitahukan  what (apa), sedangkan kesatu mementingkan what (apa).
    2. Berita kedua mengutamakan unsur why (mengapa), sedangkan unsur pertama how.
    3. Berita pertama menonjolkan unsur how, sedangkan kedua unsur what.
    4. Berita pertama menonjolkan unsur what, sedangkan berita kedua mendahulukan unsur who.

  1. Saat ini, sampah menjadi masalah besar di kota Ambon. Lebih dari 50 persen saluran air yang terbuka maupun saluran bawah tanah dipenuhi sampah. Padahal sebagian besar daerah pesisir pantai kota Ambon beberapa kali mendapatkan penghargaan Adipura karena kebersihan kotanya.

Tanggapan isi berita tersebut yang tepat adalah …..

    1. Sampah merupakan masalah yang rawan dan membahayakan kehidupan. Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menanggulanginya .
    2. Sampah dimana-mana selalu menjadi masalah yang sulit dibenahi. Jadi, Pemda Ambon mempunyai PR yang segera diselesaikan .
    3. Apa yang sebenarnya yang diinginkan warga Ambon? Mengapa terjadi kondisi seperti itu? Apakah warga Ambon sudah tidak peduli akan kesehatan?
    4. Masalah sampah tidak usah dikhawatirkan lagi. Nanti juga ada yang membenahi. Kita tenang-tenag sajalah.

Bacaan untuk soal nomor 4 dan 5

      Muka air Kali Ciliwung  sudah normal, namun warga di pengungsian masih enggan untuk pulang. Alasannya rumah masih dipenuhi lumpur. Jika sudah demikian, dapur umum menjadi sarana yang sangat dibutuhkan, terutama bagi kaum lanjut usia dan anak-anak.

      Contohnya Bu Mardiah, barang kali ia menjadi warga tersibuk selama beberapa hari ini. Dialah juru masak utama yang melayani pengungsi. Meski sudah tua, tenaganya masih “luber”. Ada informasi. Bu Mardiah memang pintar memasak sehingga begitu ada dapur umum, dia langsung ditunjuk.

  1. Hal positif pada bacaan tersebut terdapat pada kalimat ke- …..

    1. 1 paragraf I.
    2. 2 paragraf I.
    3. 3 paragraf II.
    4. 4 paragraf II.

  1. Isi teks berita tersebut adalah …..

    1. Kesibukan Bu Mardiah menyiapkan makan untuk para pengungsi.
    2. Keahlian memasak Bu Mardiah digunakan untuk menyiapkan makan bagi pengungsi.
    3. Dapur umum merupakan hal yang penting bagi pengungsi.
    4. Warga enggan pula karena khawatir banjir lagi.

  1. (1) Patung dari anyaman bambu berukuran panjang 16 meter sengaja dipasang untuk menarik perhatian orang-orang yang melintas di Jalan Braga, Bandung. (2) Tidak hanya itu, disepanjang jalan tersebut, berdiri tegak puluhan pohon bambu berserta umbul-umbul anyaman bambu. (3) Memang sebanyak 95 dari 105 jenis bambu di Indonesia berada di Jawa Barat. (4) Hal itu terkait dengan tema festival Bandung kali ini, “Serumpun Bambu Sejuta Makna”.

Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan adalah kalimat bertanda nomor …..

    1. (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)


  1. Kualitas pengobatan di Puskesmas masih lebih rendah dibandingkan dengan kualitas pengobatan di tempat lain. Kendati begitu, masyarakat tetap lebih memilih Puskesmas sebagai tempat berobat karena pertimbangan biaya murah dan lokasinya yang dekat dengan rumah mereka.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …..

    1. rendahnya kwalitas pengobatan di Puskesmas.
    2. pilihan terdekat tempat berobat masyarakat.
    3. pertimbangan biaya berobat murah.
    4. kedekatan lokasi Puskesmas.

  1. Rendahnya informasi kebijakan pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat menyebabkan kurangnya kesadaran akan hak pelayanan dasar tersebut. Konsekuensi lebih lanjut adalah rendahnya posisi mereka dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Mengapa posisi masyarakat sangat rendah dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik?

Jawaban pertanyaan tersebut yang tepat adalah …..

a.       Karena hal tersebut sudah menjadi konsekuensi masyarakat.
b.      Karena rendahnya informasi kebijakan pelayanan kesehatan.
c.       Karena masyarakat tidak sadar akan hak pelayanan tersebut.
d.      Karena masyarakat Indonesia sangat baik dan selalu menerima.

9.      Tingginya kasusu penularan HIV dari ibu kepada bayinya dikhawatirkan mengakibatkan perkembangan jumlah penderita HIV / AIDS makin tidak terkendali. Setiap hari diperkirakan hampir 1.800 bayi di berbagai Negara di dunia lahir terinfeksi HIV dari ibu kepada bayinya harus dilakukan secara intensif.

Isi wawancara tersebut adalah …..

a.       Tingginya kasus penularan HIV dari seorang ibu dan bayinya.
b.      Perkembangan jumlah penderita HIV /AIDS makin tidak terkendali.
c.       Diperkirakan 1.800 bayi lahir di dunia terinfeksi HIV.
d.      Tindakan pencegahan penularan HIV dari ibu kepada bayinya.

10.  Makna yang paling disukai burung kolibri adalah sari bunga pisang hias. Bila bosan  ….. sari bunga. Kolibri ….. kian kemari mencari buah markisa segar. Untuk memudahkan ….. sari bunga, Kolibri melakukan terbang di tempat.

Secara berurutan, kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …..
a.       menyantap, berjalan, mengunyah
b.      menyedot, terbang, menghisap
c.       menyantap, terbang, mengunyah
d.      menyedot, berjalan, menghisap








11.  Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo, menyatakan ketegangan di negaranya telah usai. Tetapi setatus darurat menyebabkan rencana unjuk rasa akhirnya gagal. Jumat lalu Arroyo menetapkan status darurat untuk mengantisipasi terjadinya kudeta militer. Hal ini dilakukan karena ia masih mengkhawatirkan kemungkinan adanya konspirasi.

Agar paragraf tersebut padu, perbaikan kalimat kedua yang tepat adalah …..

a.       Akan tetapi, ia tetap memerintahkan angkatan bersiaga.
b.      Tetapi, penetapan status darurat dimulai sebagai penyalahgunaan kekuasaan.
c.       Bahkan pemerintah melakukan penangkapan terhadap sejumlah pejabat militer.
d.      Bahkan pemerintah melakukan penggerebekan terhadap Koran yang bersuara lantang.

12.   
Sebanyak 162.864 orang anak usia bawah lima tahun di Kota Depok akan mendapat vaksin polio. Ini merupakan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PNI) putaran keempat yang dilaksanakan di Depok. Vaksin polio yang akan digunakan sudah diambil dari Provinsi Jawa Barat. Saat ini vaksin tersebut sudah didistribusikan ke setiap kecamatan yang ada di Kota Depok. Untuk menghilangkan kekhawatiran akan adanya vaksin yang kadaluarsa pihak Depatemen kesehatan sudah melakukan pengecekan ulang terhadap vaksin-vaksin tersebut.   

            Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …..

a.       Vaksin polio yang akan digunakan pada PIN nanti sudah dicek oleh Depkes. Hal ini agar tidak menimbulkan kekhwatiran.
b.      Pendistribusian vaksin polio ke Kecamatan se-Kota Depok sudah selesai. Pelaksanaannya tinggal menunggu hari saja.
c.       Pelaksanaan PIN putaran keempat akan berlangsung di Kota Depok. Prioritas utama adalah anak balita sebanyak 162.864.
d.      Sebanyak 162.864 balita di Depok akan mendapat vaksin polio pada PIN putaran keempat. Sebelumnya vaksin tersebut sudah dicek ulang batas kadaluarsanya.

Bacaan untuk soal nomor 13 s.d. 14

      Piala Eropa memang mempunyai daya tarik tersendiri dan disebut-sebut sebagai pesta sepak bola paling akbar setelah piala dunia. Sepuluh negara sudah mencalonkan diri untuk menggelar pesta sepak bola Eropa pada tahun 2012. Kroasia menggandeng Hongaria, sedangkan Polandia mengajukan diri bersama Ukraina. Dua duet itu bersaing dengan enam negara calon tuan rumah lain, termasuk Azerbaijan.

      Yunani, Itali, Rumania dan Turki juga sudah mengajukan diri. Italia menjadi satu-satunya calon yang pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1968. Italia juga menjadi tuan rumah enam besar 1980 saat Jerman mengalahkan Belgia di Final.






13.  Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam bacaan tersebut adalah …..

a.       Mengapa banyak Negara yang ingin menjadi tuan rumah pada pesta sepak bola?
b.      Negara mana saja yang bermain dalam sepak bola Piala Eropa?
c.       Di mana pesta sepak bola Piala Eropa tahun 2012 akan digelar?
d.      Kapan Jerman berhasil mengalahkan Belgia?”

14.  Gagasan pokok paragraf I bacaan tersebut  adalah …..

a.       Piala Eropa dalam pesta sepak bola.
b.      Sepuluh negara calon tuan rumah.
c.       Pasangan calon tuan rumah.
d.      Pesaingan antarcalon tuan rumah.

15.  ICW (Indonesia Corruption Watch) telah melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat disektor kesehatan selama tahun 2005. Tujuan utama kegiatan ini adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk memantau peningkatan mutu layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Kegiatan yang digelar ICW tersebut terdiri atas pengorganisasian masyarakat, pemetaan masalah pelayanan kesehatan, diskusi terfokus ke beberapa kelompok masyarakat, dan survei terhadap 900 pasien dari 90 puskesmas di Jakarta.

Rangkuman wacana tersebut adalah …..

a.       ICW telah melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat di sektor kesehatan selama tahun 2005.
b.      ICW melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memantau peningkatan mutu layanan kesehatan yang diberikan pemerintah.
c.       Kegiatan yang digelar ICW tersebut terdiri atas pengorganisasian masyarakat dan pemetaan masalah layanan kesehatan.
d.      Kegiatan yang digelar ICW tersebut terfokus pada 900 pasien yang disurvei dari 90 puskesmas di Jakarta.

16.   (1) Laki-laki berbadan tinggi dan berambut pendek itu adalah karateka disekolahku. (2) Ia melatih setiap Sabtu sore mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 18.00. (3) Setiap latihan, kami berseragam putih. (4) Ia selalu mengingatkan kami agar tidak takabur dengan ilmu yang kami miliki.

Kalimat berobjek pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor …..

a.       (1) dan (2)       b.   (1) dan (3)       c.   (2) dan (3)       d.   (2) dan (4)

17.  Di Jakarta terdapat beberapa sekolah yang memiliki kelas akselerasi (1). Pada kelas itu para siswa belajar  (2) lebih mandiri dibanding  kelas regular (3). Mereka dapat memperoleh materi ajar dengan cara mengakses (4) internet (5). Dengan kecemerlangan otaknya diharapkan mereka akan mampu melakukan revolusi (6) pendidikan di Indonesia kelak.
Urutan yang benar bila kata bercetak miring disusun menjadi kamus kecil adalah …..
a.       (1)-(2)-(5)-(4)-(3)-(6)
b.      (1)-(4)-(2)-(5)-(3)-(6)
c.       (2)-(1)-(4)-(5)-(3)-(6)
d.      (2)-(4)-(1)-(5)-(6)-(3)



Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d 20

(1) Rombongan pengantar jenazah sudah sepi. Tinggal si Pongge. Perempuan muda itu terus bersimpuh di depan gundukan tanah merah. Ia menangis sesenggukan menyebut nama Abah. Ia sepertinya tidak ingin meninggalkan tempat itu. Namun, dua orang lelaki menyusulnya. Mereka adalah Aceng dan Romli.
(2) “Pongge, sedang apa kamu disini?” Tanya Aceng bernada membentak.
“Aku…aku…,” jawab Pongge terbata-bata.
(3) “Hei, dengar Pongge. Orang lain sedang menunggumu di rumah. Kamu kok enak-enakan di sini. Cepat pulang!”
(4) “Tidak mau, aku ingin bersama Abah di sini, Kang Aceng!”
“Goblok, kamu harus mati dulu kalau mau ikut Abah. Sekarang, kamu harus pulang. Pak Punduk menunggumu!”

18.   Bukti bahwa latar tempat kutipan tersebut di kuburan terdapat pada bagian bernomor …..
a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)
                 
19.  Watak Aceng yang kasar dapat diketahui melalui …..
a.       dialog antartokoh
b.      pelukisan tindakan
c.       diceritakan pengarang
d.      diceritakan tokoh lain

20.  Belum lama kepala Pongge menyentuh bantal, ia sudah terlena. Ia tertidur sangat pulas sehingga tidak tahu apa yang melanda kampungnya. Semalaman ia tertidur tanpa terbangun sekejap pun. Ia bangun saat matahari menerangi kamar tidurnya.

Latar waktu dan bukti latar kutipan tersebut adalah …..

a.       malam hari, buktinya pada kalimat kesatu.
b.      malam hari, buktinya pada kalimat kedua.
c.       pagi hari, buktinya pada kalimat ketiga.
d.      pagi hari, buktinya pada kalimat keempat.

21.  Yadi menarik nafas panjang. Beberapa saat, dua sisi hatinya bertempur. Yang satu menyuruh segera pergi menikmati hasil copetanya hari ini. “Kapan lagi? Siapa suruh bapak itu ceroboh?’ desahnya. Tapi, sisi hatinya yang lain, malah menyuruh sebaliknya.

Jenis konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah …..

a.       fisik          b.  batin         c.  budaya        d.   alam

22.              Enggak, Pa …,” isak Bimo. “Bimo mau ikut Papa dan Mama ke Australia.”
“Tanggung, Nak. Sebentar lagi Bimo ujian. Setelah ujian, Mama jemput Bimo, “ kata Bu Haris.
“Iya, Nak. Nanti Mamamu segera kembali untuk menjemputmu,” sambung Pak Haris.
“Enggak. Pokoknya Bimo ikut. Bimo gak mau ditinggal.”
           
Suasana kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah …..

a.       sedih          b.  ramai        c.   tegang         d.   haru

Bacalah kutipan berikut kemudian kerjakan soal nomor 23 s.d 26

            (1) Ferrari lalu tampi sebagai juru selamat dan semua orang melongo, menggeleng, dan berdecak tidak percaya. Mereka meminta Ferrari mengulangi keterangan yang telah diucapkannya itu. Ferrari diam. Ketika itulah Erika berdiri dan tampil ke depan.
            (2) “Mereka bersaudara. Saudara kandung. Mereka hanya dua bersaudara. Ibu Upiklah yang membiayai kuliah Ferrari selama ini hingga dia dapat mencapai gelar Ph.D itu. Ibu Upik mengorbankan masa mudanya hanya untuk kepentingan adiknya yang seorang itu. Ia berkerja keras menggantikan fungsi kedua orang tuanya untuk menyelesaikan pendidikan adiknya yang sangat disayanginya itu. Selama itu pula Ibu Upik menjauhi lelaki dan bertahan bagai karang menghadapi segala godaan. Ferrari tahu itu. Ia melihat kakaknya sebagai ibu, bukan sebagai kakak.
            (3) “Erika mengetahui semua ini karena abangnyalah yang berkali-kali mengajakku menikah dan selalu kutolak. Kalau saja ia sabar menunggu  hingga Ferrari selesai, ia tidak akan menikah dua tahun lalu dengan istrinya yang sekarang,” ujar Upik.
            (4) Beberapa hari setelah itu, suasana kerja tampak normal kembali seperti dulu sebelum pecah perang dingin. Upik telah diterima kembali ditengah-tengah rekan kerjanya.

23.  Bukti bahwa kutipan tersebut berlatar tempat di kantor terletak pada paragraf bernomor …..

a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)

24.  Ferrari tahu membalas budi kebaikan orang tergambar pada paragraf bernomor …..
a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)

25.  Nilai moral yang terkandung pada kutipan novel tersebut adalah …..

a.       Teman kerja yang melongo saat mendengar penjelasan orang lain.
b.      Seseorang yang membuat perselisihan antarteman di kantor.
c.       Seorang kakak yang rela berkorban untuk adiknya.
d.      Teman yang tidak percaya akan penjelasan tokoh.

26.  Aku serba bingung mau mendekati ibu atau eyang. Kalau aku mendekati eyang aku kasihan kepada ibu  yang menangis karena dimarahi eyang. Akan tetapi, kalau mendekati ibu eyang bisa marah juga kepadaku. Wah, hari itu aku benar-benar tidak tahu apa yang harus kulakukan.

Kutipan cerita tersebut menggunakan jenis konflik …..

a.       Lahir                b.  fisik            c.   psikologis              d.   ide











27.  Sepuluh tahun yang lalu, hidup mereka bergelimang harta. Rumah besar, mobil mewah, jabatan  terhormat suaminya di pemerintahan, dan seorang anak yang manis. Namun, setelah suaminya pensiun, semuanya berubah. Harta yang dikumpulkan bertahun-tahun ludes untuk biaya pengobatan suaminya yang terserang stroke. Hana iklas hidup melarat demi kesembuhan suaminya. Kini mereka tinggal di rumah bambu.

Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah …..
a.       iklas hidup tanpa apa adanya demi kesembuhan suami.
b.      iklas meninggalkan harta demi kesembuhan suami.
c.       mau melepas jabatan terhormatnya demi kesehatan.
d.      mau meninggalkan rumah besarnya demi kesehatan.

28.  “Bise apenye? Lu kira murah kuliah diluar negeri?
Biayanye pake dolar kan?”
“Iyalah, masa pake daun kelor,” batin Joop geli.
Kan, ayah baru dapat rejeki bagus musim haji tahun ini,” sergah ibu.
“Bener, tapi gue udah punye rencane!”jawab ayah.
“tanah Cang Nin yang ada di Gang Kenari, gue mau bayarin buat lu pade!” sambungnya pada Joop.
Yah, anak lebih baik dimodalin ilmu. Kalau dia punya ilmu, ilmu yang akan ngejagain dia. Tapi kalau harta bisa ludes, lagian dia jadi sibuk jagain ntuh harta.

Amanat kutipan novel tersebut yang tepat adalah …..

a.       Turutilah keinginan anak!
b.      Bekalilah anak dengan ilmu!
c.       Jangan melawan kehendak orang tua!
d.      Belajarlah di luar negeri agar berwawasan luas!

29.  Suara pekik tukan roti mulai menggema. Gang kampleks tempat Rahma tinggal memang tidak pernah sepi dari para penjual asongan. Setiap pagi selalu ramai. Ditambah suara ibu-ibu yang asyik ngerumpi sambil berbelanja  sayur, anak-anak sekolah yang jemput-menjemput temannya. Dan tawa-tawa ceria tukang becak yang mulai hlir mudik membawa penumpang.

Bukti bahwa kutipan tersebut termasuk tahapan pengenalan …..

a.       banyaknya pedagang roti
b.      tukang becak yang hilir mudik
c.       mulai memperkenalkan tokoh
d.      mulai memperkenalkan suasana

Sambil minum dan mengunyah popcorn, kami bertukar cerita tentang saat-saat paling memalukan dalam hidup kami (aku tidak akan menceritakannya padamu!) dan kami tertawa terbahak-bahak sampai mangkuk popcorn terguling dan kami harus berburu popcorn dalam kantung tidur. Kami lalu main Double Dare dengan beberapa tantangan yang sngat keterlaluan (aku juga tak akan menceritakannya padamu, namun kubocorkan satu yaitu salah satu dari kami harus melepas piyama dan ke luar lari mengelilingi tenda, dan beruntung saat itu sudah gelap sehingga tak seorang pun melihat-kuharap begitu!)





30.  Bukti bahwa tokoh aku adalah seorang yang periang / terbuka adalah …..

a.       mau menceritakan kehidupannya
b.      mau bertukar cerita dengan teman
c.       mau tertawa-tawa dengan teman
d.      mau menerima tantangan teman

31.  Latar kutipan tersebut adalah …..

a.       Malam, buktinya sudah gelap dan tokoh mengenakan piyama
b.      Malam, buktinya makan popcorn di dalam tenda
c.       Siang, buktinya tokoh saling bercerita sambil tertawa-tawa
d.      Siang, buktinya tokoh berebut popcorn dalam kantung tidur

32.  Sudut pandang kutipan tersebut adalah …..

a.       orang pertama tokoh utama
b.      orang pertama tokoh sampingan
c.       orang ketiga tokoh utama
d.      orang ketiga tokoh sampingan

33.  Nilai kehidupan dalam kutipan cerita tersebut adalah …..

a.       Berburu popcorn meskipun sampai di kantung tidur.
b.      Saling bercerita untuk mempererat persaudaraan.
c.       Memberi tantangan dalam setiap permainan.
d.      Berlari mengelilingi tenda pada malam hari.


Pada suatu hari Kusno sakit kepala. Ia tahu bahwa sakit kepala itu segera akan hilang jika ia mengisi perutnya. Dua hari dua malam tak ada yang dimakannya selain daun-daun kayu. Ada terbayang di pikirannya untuk menjual celananya, guna membeli sekedar makan yang pantas dimakan manusia. Tetapi lekas dibuangnya pikiran itu. Jika celana itu dijualnya untuk makan, dengan apa akan ditutup auratnya? Sekali pula ada niatnya untuk mencuri, tapi Tuhan berkata, jauhi dirimu dari curi mencuri. Begitulah, Kusno tidak menjual celana, tidak mencuri. Ia hidup terus, sengsara memang, tapi hidup dengan bangga.

34.  Sudut pandang kutipan novel tersebut adalah …..

a.       Orang pertama tokoh utama, buktinya pengarang seolah menceritakan diri sendiri.
b.      Orang pertama tokoh sampingan, buktinya pengarang seolah menceritakan temannya.
c.       Orang ketiga tokoh utama, buktinya pengarang seolah serba tahu.
d.      Orang ketiga tokoh utama, buktinya pengarang menempatkan orang lain sebagai tokoh utama.

35.  Bukti bahwa kutipan tersebut mempunyai pesan / amanat bahwa kita harus tetap berpegang pada agama adalah …..

a.       Biar lapar, Kusno tetap tidak mau mencuri.
b.      Biar lapar, Kusno tetap tidak mau menjual celana.
c.       Kusno rela hidup sengsara.
d.      Kusno bangga hidup sengsara.



36.  Ringkasan isi kutipan novel tersebut yang tepat …..

a.       Biar lapar mendera sampai sakit kepala. Kusno tetap tidak mau melakukan hal yang akan menjatuhkan martabatnya.
b.      Kusno rela makan daun-daun kayu untuk menahan lapar asalkan sakit kepalanya bisa hilang.
c.       Kusno selalu membuang pikiran-pikirannya untuk menjual celana meskipun sebenarnya itu sangat dibutuhkan.
d.      Sakit kepala Kusno sebenarnya mudah sekali obatnya karena hanya dengan makan saja penyakitnya itu akan sirna.

37.  Kebersihan Sebagian dari Iman.

Isi slogan tersebut adalah …..

a.       Mengajak kita menjaga kebersihan karena iman.
b.      Mengajak kita beriman dengan menjaga kebersihan.
c.       Mengajak kita menjaga kebersihan agar iman.
d.      Mengajak kita beriman karena kebersihan.

38.  OSIS SMP Palang Merah mulai menjalankan program penghijauan di sekolah. Namun belum semua siswa sadar akan arti penghijauan bagi kenyamanan belajarnya. Ketua OSIS menginginkan agar teman-temannya peduli dan mau merawat pohon yang sudah ada di lingkungan sekolah.

Selogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …..

a.       Hijaukan sekolahmu dengan pohon agar nyaman menerima pelajaran!
b.      Peduli lingkungan belajar nyaman, otak cemerlang mudah diasah.
c.       Pohon rindang dapat menhias sekolah dan dapat menyegarkan badan.
d.      Merawat satu pohon berarti menyumbang kenyamanan belajar.

39.  Kalimat poster yang paling tepat untuk menyadarkan masyarakat agar tidak menebangi (mengunduli) hutan adalah …..

a.       Jangan musnahkan hutan lindung.
b.      Jangan menebang pohon-pohon di hutan.
c.       Lindungi hutan dari kepunahan.
d.      Lindungi kami dari kelestarian.

40.  Kepala SMP Mekarwangi menyelenggarakan acara syukuran gedung sekolah yang baru direnovasi. Acara tersebut dihindari orang tua murid dan semua kepala sekolah di lingkungan setempat. Di antara mata acara tersebut adalah ceramah agama.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, susunan acara syukuran tersebut yang tepat adalah …..
a.       1. Pembukaan
2. Laporan Kepala Sekolah
3. Sambutan Orang Tua Murid
4. Ceramah Agama
5. Doa Bersama
6. Penutup

b.      1. Pembukaan
2. Laporan Ketua Panitia
3. Sambutan Orang Tua Murid
4. Sambutan Kepala Sekolah
5. Ceramah Agama
6. Doa dan Penutup

c.       1. Pembukaan
2. Doa Bersama
3. Ceramah Agama
4. Laporan Kepala Sekolah
5. Sambutan Orang Tua Murid
6. Laporan Ketua Panitia

d.      1. Pembukaan
2. Ceramah Agama
3. Doa Bersama
4. Laporan Ketua Panitia
5. Sambutan Orang Tua Murid
6. Penutup



SELAMAT MENGERJAKAN !!!!





Mata Pelajaran            :  Bahasa Inggris
                        Hari / Tanggal             :                   April   2007
                        K e l a s                       :  VIII
                        W a k t u                     :  90  Menit       

PETUNJUK UMUM :
  1. Tulis nomor anda pada lembar jawaban.
  2. Periksa dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
  3. Dahulukan menjawab soal – soal yang anda anggap mudah.
  4. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar.

      Read the text and answer questions 1 to 3.

                I’m Andi Rahman. I live in Jl. Damai . My school is SMP Mawar. It is an jalan Angsa. The headmaster is Mr. Rangga and my English teacher is Mr Agung.
                My school has eighteen classes, a laboratory, a library, and three canteens. The headmaster’s room is beside the office , and teacher’s room is next to a library.
                The library has a lot of book’s everyday many students read them Mr. Asmad is a librarian .  He always serves us kindly. He come on time because his house is not so far. It is on jalan Jati.

1.   Who is the student of SMP Mawar ?
      a. Rangga                                                  c. Agung
      b. Asmad                                                   d. Andi Rahman

2.   Wher is the writer’s school  ? It is on Jalan _____________
      a. Jati                                                         c. angsa
      b. damai                                                    d. dammar

3.   What do the students do in the library ?
      a. come on time                                         c. read books
      b. serve students                                       d. arranges books

4.   Arange these into a good dialogue !
      Situation : rezi wants to introduce Hendri, this nephew to Eko
1.      Eko      : How do you do Hendri.      
2.      Eko      : Nice to meet you, too.
3.      Rezi     : Eko, this is my nephew, Hendri.
4.      Hendri : Nice to meet you Eko, nice to meet you.
     
      a. 3 – 2 – 4 – 1                                          c. 1 – 4 – 3 – 2
      b  3 – 1 – 4 – 1                                          d. 4 – 1 – 2 – 3



5.   Mr. Adang is a hard warker. He works in this stall. His job is selling some fruits.
      a. A vegetable seller                                  c. A greengrocer
      b. A fruit seller                                          d. A butcher

6.   Anisa is 15 years old. She is 60 kg.
      She is a  _________ girl.
      a. fat                                                          c. thin
      b. taal                                                        d. short

7.   Mr. Ahyar    : Students, attentrion please !
                             Open your book about “ How to Express Greeting “
      Student         :  what page is it, Sir ?
      Mr. Ahyar    :  Page 10.
      __________________ ! Listen to me carefully.
      a. Quiet                                                     c. be noisy
      b. Be Quiet                                                d. don’t be quiet

8.   Rika is in the school canteen, she wants to have lunch.
      Writer    :  can I help you ?
      Rika       :  yes, I want a plate of rice and a cup of ____________ ( 8 )
      a. noodle                                                   c. tail soup
      b. porridge                                                 d. tomato juice

9.   SLTP students wear white ___________ and blue skirt.
      a. shirt                                                       c. blouse
      b. clothes                                                   d. trousers

      Text for no 10 – 12
Hide and seek

                   It is 10.30 in the morning. The children are not in the classroom. They are in the school yard. They are playing __________ ( 10 ) Parde is standing by the pole.
                   The other children are  _____(11) in the bush and behind large boxes at the back of building. Once in while, Pardi goes around, but not for from the pole. He is ______ (12) his friends who are hiding.

10. a. hide and set                                           c. hide and jump
      b. jum over the rope                                  d. hide and seek

11. a. hiding                                                    c. standing
      b. running                                                  d. looking for

12. a. running to                                              c. jumping up
      b. looking for                                            d. walking from

13. Putri  : there are two games, modern games and tradisional
                  games, _____________ game do you like to play ?
      a. why                                                       c. which
      b. when                                                     d. whose

14.  A   :  hello Lisa, ________________ ?
       B   : I’m 1.70 m tall, And you ?
      A    : I’m 1.65 m tall
      a. How old are you ?                                 c. what do you weigh  ?
      b. How tall are you ?                                 d. How’re you ?


      Read the text and answer for no 15 – 19

               Mr. Wahid is an English teacher. He can speak English well. His wife, Mrs. Wahid is a nurse. She can help sick peole. She can not speak English but she understands it a little.

                Mr. Wahid’s children, Lita, Geri are SMP students . They learn English at school. They can speak English a little. They can also write and read English. They are good students. At home, their father always teacher them how to speak English. And they are happy. To learn it

15. Whot does Mr. Wahid do  ?
      a. Englis teacher                                        c. nurse
      b. house wife                                             d. doctor

16. Can Mr. Wahid speak English well ?
      a. yes, she can                                           c. No, he can’t
      b. yes, he can                                             d. No, she can’t

17. She can not speak Englis but she understands  it  a little.
      The word “ it “ ( par. 1 ) refers to  ___________
      a. teacher                                                   c. sick people
      b. Mr. Wahid                                             d. English

18. What does the text tell us about ?
      It tells us about _________
a.       English teacher                                    c. Mr. Wahid’s family
b.      A nurse                                                d. understanding English.

19. The main idea of paragraph two is ____________
      a. Mr. Wahi’s children activities               c. Good student
      b. learning English                                    d. Mr. Wahid teaches English

      Read the table carefully and answer for no 20 – 24.
     
Meals
Price
Beef with rice
Chicken with rice
Chicken with potatoes
Beef with egg
Fish with rice
Egg with fish
A plate of rice

Vegetables
Rp.  11.000
Rp.  11.000
Rp.  10.000
Rp.  11.500
Rp.  12.000
Rp.    9.000
Rp.    3.000


Mushroom
Bean
Cabbage
Tomato

Drings
Rp.  7.000
Rp.  5.000
Rp.  4.000
Rp.  6.000
Cold tea
Hot tea
Coffee
Orange juice

Desserts
Rp.  3.000
Rp.  3.000
Rp.  4.000
Rp.  5.000
Ice cream
Banana
Orange
Rp.  9.000
Rp.  2.000
Rp.  2.500



Mr. Rahmat and his friend are at Indonesia the Ramayana Restaurant. They want to have lunch. There are a lot of people eating the big restaurant. But there are only a few children there. The waiter shows them the  menu. They order something for their lunch. Mr. Rahmat  orders a plate of rice with fish and mushroom and a glass of tea. His friend oders a plate of rice with chicken and beans and a glass of hot tea. After the meal Mr. Rahmat and his friend take a few bananas for their desserts.

20. What dessert do they have ?
      a. sunkist                                                   c. avocado
      b. melon                                                    d. banana   
     
21. They pay _________ for chicken with rice and orange juice.     
       a. Rp.  13.000                                           c. Rp.  15.000
       b. Rp.  14.000                                          d. Rp.  16.000

22. What does the text tell us about ?
      a. having breakfast at Ramayana              c. having lunch at home
      b. having breakfast at home                      d. having lunch at the restaurant

23. They order something for their lunch. The underline word means
      a. take                                                        c. like
      b. get                                                         d. would like

24. What vegetables do they order ?
      a. beans and tomato                                  c. beans and carrot
      b. beans and cabbage                                d. beans and mushroom

25. Collect – dolls – Anita – to – likes
      a. 3 – 5 – 4 – 1 – 2                                    c. 2 – 1 – 3 – 5 – 4
      b. 4 – 3 – 2 – 5 – 1                                    d. 1 – 5 – 4 – 3 – 2
     
26. There are some more foods to eat with rice for lunch. Like vegetable soup, fermented bean or chicken.  The underlined word means ____________
      a. sauce                                                      c. tofu
      b. soy bean                                                d. tempe

      This  dialogue for number 27 – 28

Mother     :  Nina, come here please.
Nina         :  yes, mum. What can I do for you ?
Mother     :  I’m going to make birthday cake for your father ?
                    Please buy me a kilogram of ___________ ( 27 ) and sugar too.
Nina         :  Do you need the ___________( 28 )
Mother     :  O, yes. I almodt forget.

27. a. rice                                                         c. eggs
      b. cabbage                                                 d. potato

28. a. carrot                                                     c. essense
      b. butter                                                     d. candle
Read this atext and answer questions no 29 - 33
             Mr. Aldi  is a  doctor. He work in public center Health Hospital. It is in jalan Achmad Yani.

                   About fifty  people, nurses, hospital workers and doctors work there. Some  doctors also work in ather hospital. The hospital is open twenty four hours in day.
                    Dr. Aldi is a good doctor . He always arrives on time, at about eight o’clock . He has a lot of patients everyday. He examines and diagnoses them carefully . He also visit his patients in their houses.
                    At four pm he finishes his work and  at five o’clock returns at his home.

29. Who has a lot of patients ?
      a. Dr. Aldi                                                 c. nurses
      b. hospital workers                                    d. Dr. Ahmad Yani

30. which is true based on the text ?
      a. Dr. Aldi does not examine the patients.
      b. The patients visit Dr. Aldi everyday
      c. Dr. Aldi arrives at the hospital at 8 o’clock
      d. There are 50 doctors , 10 nurses and 20 patients

31. Why does Dr. Aldi  have a lot of  patients.
      a. some of them work in the hospital
      b. he exmines and diagnoses them carefully
      c. nurses help the doctor and the patients
      d. some peole go to the hospital everyday

32. What does the first paragraph tellyou about ?
      a. the hospital is open 24 hours a day       c. the patients like Dr. Aldi very much
      b. people visit the patients in the word     d. Dr. Aldi work in public health centre hospital

33. How  long does Dr. Aldi work in the hospital ?
      a. two hours                                              c. four hours
      b. three hours                                            d. eight hours

34. Put the right punctuation in the box !
      Today is Tuesday  twodays ago  (   ) the students of SLTP 1 did not go to school. They went camping in Cibubur.
      a. ( , )                                                         c. ( ? )
      b. ( . )                                                         d. ( ! )

35. Arrange the word into a good sentence.
      My mather  -  tail soup  - for          a   -   of   -  head    -  needs   -  cocking    cabbage
             1                    2           3           4         5          6               7               8             9
     
      a. 1-8-2-7-4-6-5-3-9                                  c. 1-2-8-3-4-6-5-7-9
      b. 1-7-4-6-5-3-8-2-9                                  d. 1-7-4-6-5-9-3-8-2

      Read the text carefully and answer no 36 – 40

               Nowadays  there are a lot of games. Some of them are chess bridge and scrabble. Scrabble is modern game. It is interesting because besides we get fun, ………..payagni have to bo able to arrange letters to be words English to win this game.
                Ratna, Mira, Budi and Andi are playing scrabble now. They decide to give punishment for the player who gets the worst ( yang paling buruk ) score. After they prepare the board and letters, they begin to play, they use a dice to decide the player who has to play for the first.
               Budi has to play for the first. But in the end of the game he gets the worst score. So he get punishment he has to sing an English song, Ratna gets the best some . She gets a prize. She gets a cup of drink . Ratna and her friends are glad. They enjoy the game very much,
                                                                 
36. We use English to play scrabble we have to _________ letters to be words in English.
      a. use                                                         c. play
      b. make                                                      d. arrange

37. What do they prepare for playing serabble ?
      They prepare a dice, ______________.
      a. board and prize                                     c. board and letters
      b. board and paper                                    d. board and punishment

38. What do they use to decide. The first player ? They use ________________
a. a card                                                     c. a card
b. a dice                                                     d. a letter

39. They decide to give punishment  _____________
      The word they refers to _______________
      a. Ratna and Mira                                     c. Budi, Andi and ratna
      b. Ratna Mira, Andi                                  d. Andi , Budi, Mira and Ratna

40. The worst one will get punishment, the best score wil get __________
      a.  a dice                                                    c. a board
      b. a prize                                                    d.  a certifi cate

41. Waiter    :  what would you like to drink ?
      Alice      :  I  _____________________  Ece cream, please
      Waiter    : Here, you are.
      a. like                                                         c. would like
      b. dislike                                                    d. don’t like
     
      Read this text and answer no 42 - 46

Priyanto is a stamp collector. He colleectors stamps from many partsof the word. But he only collects one type of stamp. He collects stamp of birds. He has stamps of birds from thirty – two countries. His sister, Rossy collects first day covers. She has forty one first bay covers from twenty – two countries.

42. What is Prayanto? He is a ____________ collector.
      a. picture                                                   c. flower
      b. stamp                                                     d. cover

43. How many first day covers does Rossy have ?
      a. 41                                                          c. 22
      b. 92                                                          d. 11

44. Priyanto collects one type of stamp
      The underlined word mean ________________
      a. grows up                                                c. takes care of
      b. look after                                               d. keeps

45. The text tells us about _______________
      a. collecting birds                                      c. collecting flowers
      b. collecting stamps                                   d. collecting first day covers

46. Priyanto has stamps of  bird from _____________
      a. Indonesia and Australia                        c. India, Indonesia and Japan
      b. Australia, Japan and India                    d. Indonesia, Australia and Japan

47. Adi       :   My Father likes sport. He uses rackets, net, and __________ ( 47 ) to play.
      Ani       :  I can guess, he likes badminton. My Father likes stick and ball to play ______ ( 48 )

      a. ball                                                         c. racket
      b. stick                                                       d. shuttle cocks

48. a. golf                                                        c. volley ball
      b. football                                                  d. table tennis

49. Avi      :  What is your hobby ?
      Uki      :  My hobby is gardening. I like gardening very much but I ________ cooking.
      a. like                                                         c. don’t like
      b. love                                                       d. enjoy

50. Mr. Karyo   : What are you doing. Mr. Karno ?
      Mr. Karno   :  Hei, Mr. Karyo . I am giving ________ to my mangoes trees. I hope their
                             leaves will grow after given it.
      a.  fertilizer                                                c. insecticide
      b. water                                                     d. herbicide




“ SEMOGA SUKSES “


Lembar Soal

                 Mata Pelajaran      : P P KN

                                   Kelas                      : VII ( tujuh ). Aksel
                                                Hari/Tanggal         : Selasa, 10 – 10 -  2006
                                    Waktu                   :  09.15  -  10.15
___________________________________________________________________________
PETUNJUK UMUM :
  1. Tulis nomor anda pada lembar jawaban.
  2. Periksa dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
  3. Dahulukan menjawab soal – soal yang anda anggap mudah.
  4. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar.

1.  Peraturan yang menjadi pedoman bagi tingkah laku manusia didalam masyarakat disebut ..
     a. aturan                                                                  c. tata tertib
     b. adat istiadat                                                        d. norma / kaidah

2. Bagi masyarakat yang hidup didaerah pedesaan biasanya lebih memahami norma  ….
     a. hukum                                                                 c. kesusilaan
     b. kesopanan                                                           d. agama

3. Peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia dan bersifat umum disebut  norma ….
     a. adat                                                                     c. kesusilaan
     b. kesopanan                                                           d. kebiasaan

4.  Orang yang perbuatannya selalu didasarkan kepada norma yang berlaku disebut ….
     a. taqwa                                                                  c. patuh
     b. teguh                                                                   d. takut

5.  Tidak boleh meludah didepan orang karena melanggar norma ….
     a. agama                                                                  c. kesusilaan
     b. hukum                                                                 d. kesopanan

6. Norma hukum  wajib dipahami oleh ….
     a. ahli hukum                                                          c. seluruh warga Negara
     b. tokoh masyarakat                                               d. cerdik cendekia.

7.  Fungsi pokok norma bagi kehidupan masyarakat adalah ….
     a. membantu aparatur negara menagkap pencuri.
     b. sebagai pedoman penuntun tingkah laku manusia
     c. membantu tokoh masyarakat dalam menciptakan ketertiban.
     d. melindungi fakir miskin dari penindasan.


8.    Norma itu sangat diperlukan  didalam kehidupan ….
       a. keluarga bermasyarakat, dan bernegara
       b. bermasyarakat , berbangsa dan bernegara
       c. sehari – hari sesama teman.
       d. organisasi dan kenegaraan.

9.   Norma yang bersumber pada hati nurani manusia adalah .,…
       a. kesopanan                                                         c. hukum
       b. kesusilaan                                                         d. adat

10. Pengertian norma adalah ….
      a. hak dan kewajiban yang harus seimbang.
      b. kaidah yang dijadikan peraturan hidup untuk mengatur tingkah laku manusia.
      c. kaidah yang mengatur tingkah laku manusia yang bersifat sukarela.
      d. kewajiban yang harus dilakukan

11. Pelanggaran terhadap norma agama akan mendapatkan sanksi berupa ….
      a. dosa                                                                   c. dikucilkan dari pergaulan
      b. denda                                                                 d. siksaan batin

12. Contoh prilaku yang mencerminkan sikap patuh terhadap norma kesusilaan adalah ….
      a. mematuhi peraturan pemerintah
      b. menyeberang di tempat penyeberangan
      c. mengucapkan salam bila memasuki rumah  orang.
      d. menepati janji yang telah diucapkan.

13. Sesuai norma yang berlaku, jika orang melanggar norma kesopanan, sangksinya ….
      a. diasingkan dan dikucilkan dalam masyarakat.
      b. berupa celaan maupun sindiran dari masyarakat.
      c. teguran dari aparat penegak hukum.
     d. akan diterima kelak setelah meninggal.

14. Orang yangmemetuhi norma biasanya ….
      a. memiliki banyak teman                                      c. kehidupannya bahagia
      b. cita – citanya tercapai                                        d. kesadaran diri sendiri.

15. Sebagi mahluk Tuhan Yang Maha Esa Manusia wajib. ….
      a. mengenal sifat – sifat Tuhan                              c. beribadah kepada Tuhan
      b. memahami firman Tuhan                                   d. menyebut norma Tuhan setiap saat.

16. Ketaatan terhadap norma hendaknya kita tunjukkan atas dasar ….
      a. dorongan orang lain                                           c. keterpaksaan
      b. mengutungkan diri sendiri                                 d. kesadaran diri sendiri

17. Landasan utama kerukunan anrat umat beragama adalah norma ….
      a. hukum                                                                c. agama
      b. kesusilaan                                                          d. kesopanan

18. Kebiasaan, sebenarnya bukan norma tetapi merupakan perilaku atau kegiatan warga masyarakat yang dilakukan….
       a. secara bersama – sama oleh seluruh warga masyarakat.
       b. secara berulang – ulang dan diikuti warga masyarakat.
       c. dilakukan didalam tatatertib warga masyarakat.
       d. diyakini oleh tokoh – tokoh masyarakat yang menjadi teladan.





19. Contoh perilaku yang sesuai  dengan norma hukum adalah ….
       a. membayar pajak tepat waktu                          
       b. membiarkan pengadilan masa
       c. melindungi orang yang melakukan tindak kejahatan.
       d. menghakimi orang yang bersalah.

20. Perbedaan norma hukum  dengan norma lainya adalah ….
      a. norma hukum memiliki sanksi
      b. norma hukum disahkan oleh penguasa.
      c. norma hukum  membutuhkan syarat supremasi
      d. norma hokum hanya berlaku bagi anggota masyarakat yang berprofesi sebagi pegawai             negeri.

21. Seorang yang melanggar norma kesopanan biasanya …
      a. dibenci perangkat desa.                                     c. dibenci tokoh masyarakat
      b. hidunya tidak tenang                                        d. dikucilkan dalam pergaulan.

22. Membunuh, mencuri  dan berjudi itu berdosa kalimat itu bersumberkan kepada kepada            norma ….
      a. sosial                                                                  c. kesusilaan   
      b. hukum                                                               d. agama

23. Peraturan yang disusun pemerintah atau lembaga resmi pemerintahan disebut norma ….
      a. hukum                                                               c. agama
      b. kesusilaan                                                          d. kesopanan

24. Apabila anda akan memasuki rumah orang lain sebaiknya ….
      a. menelpon tuan rumah                                        c. memberitahu tuan rumah
      b. mengecapkan salam                                          d. membunyikan tanda bel

25. Dasar bagi seseorang untuk memenuhi norma agama yaitu ….
      a. perasaan ingat bahwa besok akan meninggal    c. keyakinan terhadap Tuhan
      b. perasaan takut kepada pimpinan                       d. rasa malu dengan teman teman

26. Setiap orang diharapkan untuk berperilaku patuh terhadap norma yang berlaku agar ….
      a. menjadi manusia yang jujur                               c. tidak ditangkap polisi
      b. tidak liar dalam pergaulan                                 d. Disiplin dalam hidupnya

27. Peraturan yang bersumber dari masyarakat yang mengatur tata cara berperilaku disebut ...
      a. tata tertib masyarakat                                        c. norma kesopanan
      b. norma hukum                                                    d. tata pergaulan masyarakat

28. Sifat norma kesopanan yaitu ….
      a. berbeda beda untuk setiap daerah                     c. memiliki sanksi tegas
      b. bersumber dari hati nurani manusia                  d. sama untuk semua daerah

29. Kewajiban pokok negara terhadap hukum yang berlaku adalah ….
      a. menulis dalam buku                                          c. membandingkan dengan negara lain
      b. mengganti yang baru                                         d. menegakan hukum

30. Hukum yang berlaku dalam masyarakat  disebut hukum ….
      a. prefentif                                                                        c. positif
      b. negatif                                                               d. normafif  

31. Menurut sifatnya hukum dapat dibedakan menjadi hukum ….
        a. materiil dan formil                                             c. obyektif dan subyektif
        b. pulbik dan privat                                               b. memaksa dan mengatur


32. Indonesia adalah negara hukum maka setiap warga negara wajib ….
      a. mengawasi pejabat negara                                 c. mematuhi hukum
      b. mempelajari hukum                                           d. memahami hukum

33. Hukum adalah peraturan yang bersifat memaksa dan dibuat oleh ….
      a. hakim                                                                 c. pemerintah yang berkuasa
      b. Presiden                                                                        d. pejabat yang berwenang

34. Indonesia adalah negara hukum maka menganut asas ….
      a. formalitas                                                          c. imunitas
      b. legalitas                                                             b. musyawarah mufakat

35. Negara Indonesia adalah negara hukum terdapat pada UUD 1945 pasal …
      a. 1 ayat 2                                                              c. 27 ayat 1
      b. 1 ayat 3                                                                         d. 27 ayat 2

36. Hak dan kedudukan yang sama bagi setiap warga Negara Republik Indonesia didalam
     didalam hukum terdapat pada UUD 1945 pasal ….
      a. 26  ayat  1                                                          c. 27  ayat  1
      b. 26  ayat  2                                                         d. 27  ayat  2

37. Hukum yang mengatur hubungan – hubungan Negara dengan alat – alat perlengkapan
      atau hubungan antara negara dengan warga negara desebut hukum ….
      a. publik                                                                c. materiil
      b. privat                                                                 d. formil

38. Menurut sumbernya hukum dapat dibagi seperti dibawah ini, kecuali….
      a. Undang – Unadang                                           c. materiil
      b. kebiasaan                                                           d. trakat

39. Berikut ini merupakan alat kelengkapan negara yang diberi tugas untuk mempertahankan        hukum nasional, kecuali….
      a. Polisi                                                                  c. Hakim
      b. Jaksa                                                                  d. Guru

40. Menurut sanksi atau sifatnya, hukum membagi menjadi hukum ….
      a. yang mengatur                                                   c. memaksa
      b. mengatur dan memaksa                                                d. formal dan material

41. Hukum dasar tertulis yang kedudukannya tertinggi yaitu ….
      a. Peraturan Pemerintah                                        c. Undang – Undang
      b. Undang – Undang Dasar                                  d. Kitab Undang – Undang Hukum Pudana

42. Tujuan diciptakannya peraturan atau hukum oleh negara adalah ….
      a. melindungi rakyat miskin                                  c. menciptakan ketertiban
      b. melindungi harta orang kaya                             d. membantu tugas polisi
     
43. Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 menyatakan persamaan kedudukan warga Negara didalam ….
      a. memeluk agama dan kepercayaan                     c. membela kebenaran dan keadilan
      b. mencari penghidupan yang layak                      d. hukum dan pemerintahan

44. Pembagian hukum berdasrkan isinya adalah ….
      a. hukum publik dan privat                                   c. hukum formal dan mineral
      b. hukum pidana dan perdata                               d. hukum adat dan hukum waris




      
45. Yang dimaksud dengan hukum publik adalah ….
       a. hukum yang mengatur hubungan antara pemerintah dengan dengan badan hokum.
       b. hukum yang mengatur kepentingan umum
       c. hukum yang mengatur antar warga
       d. hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan negara

46. Unsur – unsur hukum terdiri dari, kecuali ….
      a. peraturan diadakan oleh badan yang berwajib.
      b. peraturan bersifat memaksa
      c. peraturan mengenai tingkah laku manusia
      d. adanya saksi yang mengikat semua warga negara.
     
47. Hukum pada hakekatnya adalah peraturan yang memuat ….
      a. perintah untuk berbuat                                      c. Intruksi dari pemerintah
      b. ayat dan pasal – pasal                                        d. perintah dan larangan

48. Jika orang melanggar norma kesopanan, sanksinya ….
      a. diasingkan dan dikucilkan dalam masyarakat   c. akan diterima kelak setelah meninggal
      b. teguran dari aparat penegak hukum                  d. berupa celaan maupun sindiran dari
                                                                                        masyarakat

49. Sesuai dengan ketentuan norma kesusilaan setiap manusia tidak boleh ….
      a. membantu pekerjaan orang lain                         c. mencelakaan orang lain
      b. memperhatikan orang lain                                 d. menuruti permintaan orang lain

50. Nilai manusia didalam kehidupan masyarakat sangat ditentukan oleh …
      a. budi pekertinya                                                  c. harta yang dimilikinya
      b. tutur katanya                                                     d. tingkat pendidikannya.




***********************Selamat Mengerjakan ***********************zn



                  Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                        Hari / Tanggal             :   Kamis,
                          K e l a s               :  VIII

                        W a k t u                     :  90  Menit       

PETUNJUK UMUM :
  1. Tulis nomor anda pada lembar jawaban.
  2. Periksa dan bacalah soal – soal dengan teliti sebelum menjawab.
  3. Dahulukan menjawab soal – soal yang anda anggap mudah.
  4. Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah salah satu jawaban yang anda anggap benar.

Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 dan 3

Perhatikan 1 teks berita berita berikut!

Jakarta Belum Bebas Teror
            Aman dari ledakan bom dua tahun terakhir, Jakarta diguncang teror bom. Meski daya ledaknya rendah  dan pelakuknya tak profesional, ledakan yang terjadi hanya sembilan hari menjelang kunjungan Amerika Serikat George Bush itu tidak diabaikan. (1)
Bom Bunuh diri  Meledak di Restoran A & W
            Teroris kembali melakukan aksi bom bunuh diri. Kini giliran di restoran cepat saji A & W Keramat Jati Indah Plaza di Jalan Raya Bogor, Jaktim, Sabtu siang. Beruntung ledakan tidak begitu kuat sehingga hanya memecah beberapa lampu dan membuat retak dinding restoran. (2)


  1. Kesamaan isi teks berita tersebut adalah …..

    1. Isi beritanya tentang hancurnya restoran karena bom.
    2. Berita tentang ledakan bom di Jakarta.
    3. Teroris meledakan bom bunuh diri.
    4. Penyambutan kunjungan presiden Amerika Serikat.

  1. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah …..

    1. Berita kedua tidak memberitahukan  what (apa), sedangkan kesatu mementingkan what (apa).
    2. Berita kedua mengutamakan unsur why (mengapa), sedangkan unsur pertama how.
    3. Berita pertama menonjolkan unsur how, sedangkan kedua unsur what.
    4. Berita pertama menonjolkan unsur what, sedangkan berita kedua mendahulukan unsur who.

  1. Saat ini, sampah menjadi masalah besar di kota Ambon. Lebih dari 50 persen saluran air yang terbuka maupun saluran bawah tanah dipenuhi sampah. Padahal sebagian besar daerah pesisir pantai kota Ambon beberapa kali mendapatkan penghargaan Adipura karena kebersihan kotanya.

Tanggapan isi berita tersebut yang tepat adalah …..

    1. Sampah merupakan masalah yang rawan dan membahayakan kehidupan. Oleh karena itu, masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama menanggulanginya .
    2. Sampah dimana-mana selalu menjadi masalah yang sulit dibenahi. Jadi, Pemda Ambon mempunyai PR yang segera diselesaikan .
    3. Apa yang sebenarnya yang diinginkan warga Ambon? Mengapa terjadi kondisi seperti itu? Apakah warga Ambon sudah tidak peduli akan kesehatan?
    4. Masalah sampah tidak usah dikhawatirkan lagi. Nanti juga ada yang membenahi. Kita tenang-tenag sajalah.

Bacaan untuk soal nomor 4 dan 5

      Muka air Kali Ciliwung  sudah normal, namun warga di pengungsian masih enggan untuk pulang. Alasannya rumah masih dipenuhi lumpur. Jika sudah demikian, dapur umum menjadi sarana yang sangat dibutuhkan, terutama bagi kaum lanjut usia dan anak-anak.

      Contohnya Bu Mardiah, barang kali ia menjadi warga tersibuk selama beberapa hari ini. Dialah juru masak utama yang melayani pengungsi. Meski sudah tua, tenaganya masih “luber”. Ada informasi. Bu Mardiah memang pintar memasak sehingga begitu ada dapur umum, dia langsung ditunjuk.

  1. Hal positif pada bacaan tersebut terdapat pada kalimat ke- …..

    1. 1 paragraf I.
    2. 2 paragraf I.
    3. 3 paragraf II.
    4. 4 paragraf II.

  1. Isi teks berita tersebut adalah …..

    1. Kesibukan Bu Mardiah menyiapkan makan untuk para pengungsi.
    2. Keahlian memasak Bu Mardiah digunakan untuk menyiapkan makan bagi pengungsi.
    3. Dapur umum merupakan hal yang penting bagi pengungsi.
    4. Warga enggan pula karena khawatir banjir lagi.

  1. (1) Patung dari anyaman bambu berukuran panjang 16 meter sengaja dipasang untuk menarik perhatian orang-orang yang melintas di Jalan Braga, Bandung. (2) Tidak hanya itu, disepanjang jalan tersebut, berdiri tegak puluhan pohon bambu berserta umbul-umbul anyaman bambu. (3) Memang sebanyak 95 dari 105 jenis bambu di Indonesia berada di Jawa Barat. (4) Hal itu terkait dengan tema festival Bandung kali ini, “Serumpun Bambu Sejuta Makna”.

Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan adalah kalimat bertanda nomor …..

    1. (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)


  1. Kualitas pengobatan di Puskesmas masih lebih rendah dibandingkan dengan kualitas pengobatan di tempat lain. Kendati begitu, masyarakat tetap lebih memilih Puskesmas sebagai tempat berobat karena pertimbangan biaya murah dan lokasinya yang dekat dengan rumah mereka.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …..

    1. rendahnya kwalitas pengobatan di Puskesmas.
    2. pilihan terdekat tempat berobat masyarakat.
    3. pertimbangan biaya berobat murah.
    4. kedekatan lokasi Puskesmas.

  1. Rendahnya informasi kebijakan pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat menyebabkan kurangnya kesadaran akan hak pelayanan dasar tersebut. Konsekuensi lebih lanjut adalah rendahnya posisi mereka dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Mengapa posisi masyarakat sangat rendah dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik?

Jawaban pertanyaan tersebut yang tepat adalah …..

a.       Karena hal tersebut sudah menjadi konsekuensi masyarakat.
b.      Karena rendahnya informasi kebijakan pelayanan kesehatan.
c.       Karena masyarakat tidak sadar akan hak pelayanan tersebut.
d.      Karena masyarakat Indonesia sangat baik dan selalu menerima.

9.      Tingginya kasusu penularan HIV dari ibu kepada bayinya dikhawatirkan mengakibatkan perkembangan jumlah penderita HIV / AIDS makin tidak terkendali. Setiap hari diperkirakan hampir 1.800 bayi di berbagai Negara di dunia lahir terinfeksi HIV dari ibu kepada bayinya harus dilakukan secara intensif.

Isi wawancara tersebut adalah …..

a.       Tingginya kasus penularan HIV dari seorang ibu dan bayinya.
b.      Perkembangan jumlah penderita HIV /AIDS makin tidak terkendali.
c.       Diperkirakan 1.800 bayi lahir di dunia terinfeksi HIV.
d.      Tindakan pencegahan penularan HIV dari ibu kepada bayinya.

10.  Makna yang paling disukai burung kolibri adalah sari bunga pisang hias. Bila bosan  ….. sari bunga. Kolibri ….. kian kemari mencari buah markisa segar. Untuk memudahkan ….. sari bunga, Kolibri melakukan terbang di tempat.

Secara berurutan, kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …..
a.       menyantap, berjalan, mengunyah
b.      menyedot, terbang, menghisap
c.       menyantap, terbang, mengunyah
d.      menyedot, berjalan, menghisap








11.  Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo, menyatakan ketegangan di negaranya telah usai. Tetapi setatus darurat menyebabkan rencana unjuk rasa akhirnya gagal. Jumat lalu Arroyo menetapkan status darurat untuk mengantisipasi terjadinya kudeta militer. Hal ini dilakukan karena ia masih mengkhawatirkan kemungkinan adanya konspirasi.

Agar paragraf tersebut padu, perbaikan kalimat kedua yang tepat adalah …..

a.       Akan tetapi, ia tetap memerintahkan angkatan bersiaga.
b.      Tetapi, penetapan status darurat dimulai sebagai penyalahgunaan kekuasaan.
c.       Bahkan pemerintah melakukan penangkapan terhadap sejumlah pejabat militer.
d.      Bahkan pemerintah melakukan penggerebekan terhadap Koran yang bersuara lantang.

12.   
Sebanyak 162.864 orang anak usia bawah lima tahun di Kota Depok akan mendapat vaksin polio. Ini merupakan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PNI) putaran keempat yang dilaksanakan di Depok. Vaksin polio yang akan digunakan sudah diambil dari Provinsi Jawa Barat. Saat ini vaksin tersebut sudah didistribusikan ke setiap kecamatan yang ada di Kota Depok. Untuk menghilangkan kekhawatiran akan adanya vaksin yang kadaluarsa pihak Depatemen kesehatan sudah melakukan pengecekan ulang terhadap vaksin-vaksin tersebut.   

            Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …..

a.       Vaksin polio yang akan digunakan pada PIN nanti sudah dicek oleh Depkes. Hal ini agar tidak menimbulkan kekhwatiran.
b.      Pendistribusian vaksin polio ke Kecamatan se-Kota Depok sudah selesai. Pelaksanaannya tinggal menunggu hari saja.
c.       Pelaksanaan PIN putaran keempat akan berlangsung di Kota Depok. Prioritas utama adalah anak balita sebanyak 162.864.
d.      Sebanyak 162.864 balita di Depok akan mendapat vaksin polio pada PIN putaran keempat. Sebelumnya vaksin tersebut sudah dicek ulang batas kadaluarsanya.

Bacaan untuk soal nomor 13 s.d. 14

      Piala Eropa memang mempunyai daya tarik tersendiri dan disebut-sebut sebagai pesta sepak bola paling akbar setelah piala dunia. Sepuluh negara sudah mencalonkan diri untuk menggelar pesta sepak bola Eropa pada tahun 2012. Kroasia menggandeng Hongaria, sedangkan Polandia mengajukan diri bersama Ukraina. Dua duet itu bersaing dengan enam negara calon tuan rumah lain, termasuk Azerbaijan.

      Yunani, Itali, Rumania dan Turki juga sudah mengajukan diri. Italia menjadi satu-satunya calon yang pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1968. Italia juga menjadi tuan rumah enam besar 1980 saat Jerman mengalahkan Belgia di Final.






13.  Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam bacaan tersebut adalah …..

a.       Mengapa banyak Negara yang ingin menjadi tuan rumah pada pesta sepak bola?
b.      Negara mana saja yang bermain dalam sepak bola Piala Eropa?
c.       Di mana pesta sepak bola Piala Eropa tahun 2012 akan digelar?
d.      Kapan Jerman berhasil mengalahkan Belgia?”

14.  Gagasan pokok paragraf I bacaan tersebut  adalah …..

a.       Piala Eropa dalam pesta sepak bola.
b.      Sepuluh negara calon tuan rumah.
c.       Pasangan calon tuan rumah.
d.      Pesaingan antarcalon tuan rumah.

15.  ICW (Indonesia Corruption Watch) telah melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat disektor kesehatan selama tahun 2005. Tujuan utama kegiatan ini adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk memantau peningkatan mutu layanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. Kegiatan yang digelar ICW tersebut terdiri atas pengorganisasian masyarakat, pemetaan masalah pelayanan kesehatan, diskusi terfokus ke beberapa kelompok masyarakat, dan survei terhadap 900 pasien dari 90 puskesmas di Jakarta.

Rangkuman wacana tersebut adalah …..

a.       ICW telah melakukan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat di sektor kesehatan selama tahun 2005.
b.      ICW melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memantau peningkatan mutu layanan kesehatan yang diberikan pemerintah.
c.       Kegiatan yang digelar ICW tersebut terdiri atas pengorganisasian masyarakat dan pemetaan masalah layanan kesehatan.
d.      Kegiatan yang digelar ICW tersebut terfokus pada 900 pasien yang disurvei dari 90 puskesmas di Jakarta.

16.   (1) Laki-laki berbadan tinggi dan berambut pendek itu adalah karateka disekolahku. (2) Ia melatih setiap Sabtu sore mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 18.00. (3) Setiap latihan, kami berseragam putih. (4) Ia selalu mengingatkan kami agar tidak takabur dengan ilmu yang kami miliki.

Kalimat berobjek pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor …..

a.       (1) dan (2)       b.   (1) dan (3)       c.   (2) dan (3)       d.   (2) dan (4)

17.  Di Jakarta terdapat beberapa sekolah yang memiliki kelas akselerasi (1). Pada kelas itu para siswa belajar  (2) lebih mandiri dibanding  kelas regular (3). Mereka dapat memperoleh materi ajar dengan cara mengakses (4) internet (5). Dengan kecemerlangan otaknya diharapkan mereka akan mampu melakukan revolusi (6) pendidikan di Indonesia kelak.
Urutan yang benar bila kata bercetak miring disusun menjadi kamus kecil adalah …..
a.       (1)-(2)-(5)-(4)-(3)-(6)
b.      (1)-(4)-(2)-(5)-(3)-(6)
c.       (2)-(1)-(4)-(5)-(3)-(6)
d.      (2)-(4)-(1)-(5)-(6)-(3)



Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 s.d 20

(1) Rombongan pengantar jenazah sudah sepi. Tinggal si Pongge. Perempuan muda itu terus bersimpuh di depan gundukan tanah merah. Ia menangis sesenggukan menyebut nama Abah. Ia sepertinya tidak ingin meninggalkan tempat itu. Namun, dua orang lelaki menyusulnya. Mereka adalah Aceng dan Romli.
(2) “Pongge, sedang apa kamu disini?” Tanya Aceng bernada membentak.
“Aku…aku…,” jawab Pongge terbata-bata.
(3) “Hei, dengar Pongge. Orang lain sedang menunggumu di rumah. Kamu kok enak-enakan di sini. Cepat pulang!”
(4) “Tidak mau, aku ingin bersama Abah di sini, Kang Aceng!”
“Goblok, kamu harus mati dulu kalau mau ikut Abah. Sekarang, kamu harus pulang. Pak Punduk menunggumu!”

18.   Bukti bahwa latar tempat kutipan tersebut di kuburan terdapat pada bagian bernomor …..
a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)
                 
19.  Watak Aceng yang kasar dapat diketahui melalui …..
a.       dialog antartokoh
b.      pelukisan tindakan
c.       diceritakan pengarang
d.      diceritakan tokoh lain

20.  Belum lama kepala Pongge menyentuh bantal, ia sudah terlena. Ia tertidur sangat pulas sehingga tidak tahu apa yang melanda kampungnya. Semalaman ia tertidur tanpa terbangun sekejap pun. Ia bangun saat matahari menerangi kamar tidurnya.

Latar waktu dan bukti latar kutipan tersebut adalah …..

a.       malam hari, buktinya pada kalimat kesatu.
b.      malam hari, buktinya pada kalimat kedua.
c.       pagi hari, buktinya pada kalimat ketiga.
d.      pagi hari, buktinya pada kalimat keempat.

21.  Yadi menarik nafas panjang. Beberapa saat, dua sisi hatinya bertempur. Yang satu menyuruh segera pergi menikmati hasil copetanya hari ini. “Kapan lagi? Siapa suruh bapak itu ceroboh?’ desahnya. Tapi, sisi hatinya yang lain, malah menyuruh sebaliknya.

Jenis konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah …..

a.       fisik          b.  batin         c.  budaya        d.   alam

22.              Enggak, Pa …,” isak Bimo. “Bimo mau ikut Papa dan Mama ke Australia.”
“Tanggung, Nak. Sebentar lagi Bimo ujian. Setelah ujian, Mama jemput Bimo, “ kata Bu Haris.
“Iya, Nak. Nanti Mamamu segera kembali untuk menjemputmu,” sambung Pak Haris.
“Enggak. Pokoknya Bimo ikut. Bimo gak mau ditinggal.”
           
Suasana kutipan cerpen tersebut yang tepat adalah …..

a.       sedih          b.  ramai        c.   tegang         d.   haru

Bacalah kutipan berikut kemudian kerjakan soal nomor 23 s.d 26

            (1) Ferrari lalu tampi sebagai juru selamat dan semua orang melongo, menggeleng, dan berdecak tidak percaya. Mereka meminta Ferrari mengulangi keterangan yang telah diucapkannya itu. Ferrari diam. Ketika itulah Erika berdiri dan tampil ke depan.
            (2) “Mereka bersaudara. Saudara kandung. Mereka hanya dua bersaudara. Ibu Upiklah yang membiayai kuliah Ferrari selama ini hingga dia dapat mencapai gelar Ph.D itu. Ibu Upik mengorbankan masa mudanya hanya untuk kepentingan adiknya yang seorang itu. Ia berkerja keras menggantikan fungsi kedua orang tuanya untuk menyelesaikan pendidikan adiknya yang sangat disayanginya itu. Selama itu pula Ibu Upik menjauhi lelaki dan bertahan bagai karang menghadapi segala godaan. Ferrari tahu itu. Ia melihat kakaknya sebagai ibu, bukan sebagai kakak.
            (3) “Erika mengetahui semua ini karena abangnyalah yang berkali-kali mengajakku menikah dan selalu kutolak. Kalau saja ia sabar menunggu  hingga Ferrari selesai, ia tidak akan menikah dua tahun lalu dengan istrinya yang sekarang,” ujar Upik.
            (4) Beberapa hari setelah itu, suasana kerja tampak normal kembali seperti dulu sebelum pecah perang dingin. Upik telah diterima kembali ditengah-tengah rekan kerjanya.

23.  Bukti bahwa kutipan tersebut berlatar tempat di kantor terletak pada paragraf bernomor …..

a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)

24.  Ferrari tahu membalas budi kebaikan orang tergambar pada paragraf bernomor …..
a.       (1)                    b.   (2)                          c.   (3)                          d.   (4)

25.  Nilai moral yang terkandung pada kutipan novel tersebut adalah …..

a.       Teman kerja yang melongo saat mendengar penjelasan orang lain.
b.      Seseorang yang membuat perselisihan antarteman di kantor.
c.       Seorang kakak yang rela berkorban untuk adiknya.
d.      Teman yang tidak percaya akan penjelasan tokoh.

26.  Aku serba bingung mau mendekati ibu atau eyang. Kalau aku mendekati eyang aku kasihan kepada ibu  yang menangis karena dimarahi eyang. Akan tetapi, kalau mendekati ibu eyang bisa marah juga kepadaku. Wah, hari itu aku benar-benar tidak tahu apa yang harus kulakukan.

Kutipan cerita tersebut menggunakan jenis konflik …..

a.       Lahir                b.  fisik            c.   psikologis              d.   ide











27.  Sepuluh tahun yang lalu, hidup mereka bergelimang harta. Rumah besar, mobil mewah, jabatan  terhormat suaminya di pemerintahan, dan seorang anak yang manis. Namun, setelah suaminya pensiun, semuanya berubah. Harta yang dikumpulkan bertahun-tahun ludes untuk biaya pengobatan suaminya yang terserang stroke. Hana iklas hidup melarat demi kesembuhan suaminya. Kini mereka tinggal di rumah bambu.

Nilai moral yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah …..
a.       iklas hidup tanpa apa adanya demi kesembuhan suami.
b.      iklas meninggalkan harta demi kesembuhan suami.
c.       mau melepas jabatan terhormatnya demi kesehatan.
d.      mau meninggalkan rumah besarnya demi kesehatan.

28.  “Bise apenye? Lu kira murah kuliah diluar negeri?
Biayanye pake dolar kan?”
“Iyalah, masa pake daun kelor,” batin Joop geli.
Kan, ayah baru dapat rejeki bagus musim haji tahun ini,” sergah ibu.
“Bener, tapi gue udah punye rencane!”jawab ayah.
“tanah Cang Nin yang ada di Gang Kenari, gue mau bayarin buat lu pade!” sambungnya pada Joop.
Yah, anak lebih baik dimodalin ilmu. Kalau dia punya ilmu, ilmu yang akan ngejagain dia. Tapi kalau harta bisa ludes, lagian dia jadi sibuk jagain ntuh harta.

Amanat kutipan novel tersebut yang tepat adalah …..

a.       Turutilah keinginan anak!
b.      Bekalilah anak dengan ilmu!
c.       Jangan melawan kehendak orang tua!
d.      Belajarlah di luar negeri agar berwawasan luas!

29.  Suara pekik tukan roti mulai menggema. Gang kampleks tempat Rahma tinggal memang tidak pernah sepi dari para penjual asongan. Setiap pagi selalu ramai. Ditambah suara ibu-ibu yang asyik ngerumpi sambil berbelanja  sayur, anak-anak sekolah yang jemput-menjemput temannya. Dan tawa-tawa ceria tukang becak yang mulai hlir mudik membawa penumpang.

Bukti bahwa kutipan tersebut termasuk tahapan pengenalan …..

a.       banyaknya pedagang roti
b.      tukang becak yang hilir mudik
c.       mulai memperkenalkan tokoh
d.      mulai memperkenalkan suasana

Sambil minum dan mengunyah popcorn, kami bertukar cerita tentang saat-saat paling memalukan dalam hidup kami (aku tidak akan menceritakannya padamu!) dan kami tertawa terbahak-bahak sampai mangkuk popcorn terguling dan kami harus berburu popcorn dalam kantung tidur. Kami lalu main Double Dare dengan beberapa tantangan yang sngat keterlaluan (aku juga tak akan menceritakannya padamu, namun kubocorkan satu yaitu salah satu dari kami harus melepas piyama dan ke luar lari mengelilingi tenda, dan beruntung saat itu sudah gelap sehingga tak seorang pun melihat-kuharap begitu!)





30.  Bukti bahwa tokoh aku adalah seorang yang periang / terbuka adalah …..

a.       mau menceritakan kehidupannya
b.      mau bertukar cerita dengan teman
c.       mau tertawa-tawa dengan teman
d.      mau menerima tantangan teman

31.  Latar kutipan tersebut adalah …..

a.       Malam, buktinya sudah gelap dan tokoh mengenakan piyama
b.      Malam, buktinya makan popcorn di dalam tenda
c.       Siang, buktinya tokoh saling bercerita sambil tertawa-tawa
d.      Siang, buktinya tokoh berebut popcorn dalam kantung tidur

32.  Sudut pandang kutipan tersebut adalah …..

a.       orang pertama tokoh utama
b.      orang pertama tokoh sampingan
c.       orang ketiga tokoh utama
d.      orang ketiga tokoh sampingan

33.  Nilai kehidupan dalam kutipan cerita tersebut adalah …..

a.       Berburu popcorn meskipun sampai di kantung tidur.
b.      Saling bercerita untuk mempererat persaudaraan.
c.       Memberi tantangan dalam setiap permainan.
d.      Berlari mengelilingi tenda pada malam hari.


Pada suatu hari Kusno sakit kepala. Ia tahu bahwa sakit kepala itu segera akan hilang jika ia mengisi perutnya. Dua hari dua malam tak ada yang dimakannya selain daun-daun kayu. Ada terbayang di pikirannya untuk menjual celananya, guna membeli sekedar makan yang pantas dimakan manusia. Tetapi lekas dibuangnya pikiran itu. Jika celana itu dijualnya untuk makan, dengan apa akan ditutup auratnya? Sekali pula ada niatnya untuk mencuri, tapi Tuhan berkata, jauhi dirimu dari curi mencuri. Begitulah, Kusno tidak menjual celana, tidak mencuri. Ia hidup terus, sengsara memang, tapi hidup dengan bangga.

34.  Sudut pandang kutipan novel tersebut adalah …..

a.       Orang pertama tokoh utama, buktinya pengarang seolah menceritakan diri sendiri.
b.      Orang pertama tokoh sampingan, buktinya pengarang seolah menceritakan temannya.
c.       Orang ketiga tokoh utama, buktinya pengarang seolah serba tahu.
d.      Orang ketiga tokoh utama, buktinya pengarang menempatkan orang lain sebagai tokoh utama.

35.  Bukti bahwa kutipan tersebut mempunyai pesan / amanat bahwa kita harus tetap berpegang pada agama adalah …..

a.       Biar lapar, Kusno tetap tidak mau mencuri.
b.      Biar lapar, Kusno tetap tidak mau menjual celana.
c.       Kusno rela hidup sengsara.
d.      Kusno bangga hidup sengsara.



36.  Ringkasan isi kutipan novel tersebut yang tepat …..

a.       Biar lapar mendera sampai sakit kepala. Kusno tetap tidak mau melakukan hal yang akan menjatuhkan martabatnya.
b.      Kusno rela makan daun-daun kayu untuk menahan lapar asalkan sakit kepalanya bisa hilang.
c.       Kusno selalu membuang pikiran-pikirannya untuk menjual celana meskipun sebenarnya itu sangat dibutuhkan.
d.      Sakit kepala Kusno sebenarnya mudah sekali obatnya karena hanya dengan makan saja penyakitnya itu akan sirna.

37.  Kebersihan Sebagian dari Iman.

Isi slogan tersebut adalah …..

a.       Mengajak kita menjaga kebersihan karena iman.
b.      Mengajak kita beriman dengan menjaga kebersihan.
c.       Mengajak kita menjaga kebersihan agar iman.
d.      Mengajak kita beriman karena kebersihan.

38.  OSIS SMP Palang Merah mulai menjalankan program penghijauan di sekolah. Namun belum semua siswa sadar akan arti penghijauan bagi kenyamanan belajarnya. Ketua OSIS menginginkan agar teman-temannya peduli dan mau merawat pohon yang sudah ada di lingkungan sekolah.

Selogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …..

a.       Hijaukan sekolahmu dengan pohon agar nyaman menerima pelajaran!
b.      Peduli lingkungan belajar nyaman, otak cemerlang mudah diasah.
c.       Pohon rindang dapat menhias sekolah dan dapat menyegarkan badan.
d.      Merawat satu pohon berarti menyumbang kenyamanan belajar.

39.  Kalimat poster yang paling tepat untuk menyadarkan masyarakat agar tidak menebangi (mengunduli) hutan adalah …..

a.       Jangan musnahkan hutan lindung.
b.      Jangan menebang pohon-pohon di hutan.
c.       Lindungi hutan dari kepunahan.
d.      Lindungi kami dari kelestarian.

40.  Kepala SMP Mekarwangi menyelenggarakan acara syukuran gedung sekolah yang baru direnovasi. Acara tersebut dihindari orang tua murid dan semua kepala sekolah di lingkungan setempat. Di antara mata acara tersebut adalah ceramah agama.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, susunan acara syukuran tersebut yang tepat adalah …..
a.       1. Pembukaan
2. Laporan Kepala Sekolah
3. Sambutan Orang Tua Murid
4. Ceramah Agama
5. Doa Bersama
6. Penutup

b.      1. Pembukaan
2. Laporan Ketua Panitia
3. Sambutan Orang Tua Murid
4. Sambutan Kepala Sekolah
5. Ceramah Agama
6. Doa dan Penutup

c.       1. Pembukaan
2. Doa Bersama
3. Ceramah Agama
4. Laporan Kepala Sekolah
5. Sambutan Orang Tua Murid
6. Laporan Ketua Panitia

d.      1. Pembukaan
2. Ceramah Agama
3. Doa Bersama
4. Laporan Ketua Panitia
5. Sambutan Orang Tua Murid
6. Penutup



SELAMAT MENGERJAKAN !!!!




MEMBACA BERARTI ILMU 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar